Malam hari di kota besar, bukanlah malam yang sepi. Malah penuh kemeriahan, gemerlap lampu dan riuhnya lalu lintas. Cahaya ada di mana-mana, dan jika kita pintar membidiknya, bisa menjadi foto yang memesona. Berikut beberapa ulasannya.

  1. Tripod. Memotret malam berpeluang besar membuat foto kabur, maka perlu tripod. Tempatkan kamera ke tripod atau di atas sesuatu yang kokoh, agar kamera tidak goyang. Matikan lampu kilat agar tidak mengacaukan pengukuran yang dilakukan sensor. Pilih ISO 400 agar lebih peka.
  2. Papan reklame. Papan reklame di kota besar biasanya berdesain meriah dan dihiasi lampu-lampu menarik. Saat memotret papan reklame, hal terpen ting adalah mengukur cahaya yang tepat. Kamera ponsel otomatis akan mengukur terang gelapnya cahaya di sebuah titik yang dibidik. Kombinasi layar terang dan latar gelap bikin sensor kamera bingung. Hasil foto bisa terlalu gelap atau berlebihan cahaya. Maka, pilih bagian cahaya yang di tengah agar didapat jepretan dengan kecerahan seimbang.
  3. Cahaya senja. Untuk memotret suasana kota di senja hari saat matahari akan terbenam dengan langit berwarna jingga kuning keemasan, cari lokasi pemotretan yang bisa menunjukkan lampu-lampu gedung tinggi yang menyala. Taruh ponsel di tripod atau tempat kokoh, lalu pakai timer agar foto tidak kabur. Pilih scene lanscape atau sejenisnya. Waktu terbaik untuk pemotretan seperti ini adalah satu jam terakhir sebelum matahari terbenam.
  4. Memotret jembatan. Jembatan berhiaskan cahaya akan terlihat sangat indah. Agar didapat komposisi menarik, posisikan ponsel agar bisa terlihat sekaligus antara jembatan, air di bawah jembatan, dan gedung-gedung. Tempatkan gedung sebagai latar belakang, tepat di bawah jembatan dan di atas air. Agar warna terekam lebih hangat, atur White balance dari Auto ke Daylight.
  5. Monumen. Monumen bersejarah akan tampak megah saat malam, apalagi jika dipadukan dengan gerakan cahaya lampu mobil.
  6. Lalu lintas. Efek paling menarik saat malam adalah gerakan cahaya mobil. Pilih ISO 100 agar noise tetap rendah.
  7. Fotografi­ jalanan. Tempatkan orang di bagian depan sebagai objek utama dan pilih latar belakang yang menarik. Misalnya mobil yang melintas atau gedung bercahaya. Nah kali ini gunakan ‑ ash agar wajah objek tampak terang

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *