Codec G.722 pada jaringan fixed-line dan codec G722.2 pada jaringan seluler. Meskipun nama codec-nya mirip, teknologi diantara kedua standar codec ini tidaklah sama. Codec G722.2 yang dengan standar format Adaptive Multi-Rate Wideband (AMR-WB) mengusung peningkatan kualitas transmisi suara bandwidth yang lebih lebar pada jaringan seluler. Bitrate maksimumnya bisa mencapai 23.85 Kbps dan menurun (saat pause) ke level 1.25 Kbps (silence descriptor). Perbedaan codec bukan satu-satunya masalah, seluruh panggilan telepon masih melalui proses codec G.711 yang telah ada sejak tahun 70-an.

Agar koneksi suara HD di antara UMTS dan fixed-line, serta antar-operator bisa dilakukan, dibutuhkan interface khusus yang tidak murah biayanya. Sejauh ini beberapa operator telah mulai membahas masalah ini tetapi kapan solusi konkretnya belum diketahui. Pada jangka panjang, panggilan HD Voice akan hadir di jaringan LTE dan para operator pun mengantisipasinya dengan teknologi VoLTE. Kapan dirilis masih belum diketahui secara pasti. Sudah didukung banyak smartphone Dua perangkat yang terhubung harus mendukung standar HD Voice karena komunikasinya berlangsung dua arah (bidirectional).

Syarat ini mudah diimplemetasikan pada smartphone karena smartphone Android (rilis 2011) kelas premium dan menengah sudah banyak yang mendukung standar AMR-WB. Dukungan yang sama juga hadir di model terbaru BlackBerry, Nokia Lumia , dan iPhones 5. Sayangnya, adopsinya pada telepon fixed-line yang non-mobile tidak secepat dunia smartphone. Saat ini, baru segelinitir produsen telepon statis, seperti Gigaset yang menawarkan banyak model telepon yang mendukung HD Voice.

Gigaset mempromosikan teknologi HD Voice tersebut sebagai teknologi HDSP (High Definition Sound Performance ). Cepat atau lambat standar HD Voice pasti akan diadopsi pada berbagai perangkat dan operator. Menurut hasil pengujian PESQ (Perceptual Evaluation of Speech Quality) dengan standar ITU-T, jenis bahasa tertentu, seperti Jerman dan Prancis sukar dipahami dibandingkan bahasa lain saat didengar via telepon. Kehadiran HD Voice dengan kejernihan dan naturalnya suara yang dihasilkan di

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *