Di usia 4-6 tahun, si Kecil mulai terampil menggunakan jemari tangannya untuk menggambar, menggunting, juga menempel. Kembangkan potensi kreatifnya ini dengan memberi kesempatan kepada si Kecil untuk berKarya. Niscaya, ia akan menjadi anak yang cerdas. Yuk Bu, kita lihat tipsnya di bawah ini.

Ada yang menarik dari perkembangan anak 4-6 tahun, yaitu munculnya inisiatif untuk berkreasi. Tentu saja, inisiatif ini perlu dibangkitkan melalui aneka stimulasi di tahapan usia sebelumnya. Berikut caranya: L Hargai pilihan anak, baik dalam memilih kegiatan yang ingin ia lakukan maupun cara melakukannya. L Kurangi instruksi-instruksi yang terlalu mendominasi anak dan membuatnya tidak mau berpikir dan berusaha lagi. L Berikan pujian yang tulus ketika anak berhasil menyelesaikan pekerjaannya ataupun mengatasi kesulitannya. L Rangsang anak untuk memahami simbolsimbol, perintah, pesan, serta mengikuti petunjuk. Dengan kiat pengasuhan seperti itu, si Kecil akan menjadi percaya diri dan termotivasi untuk mencoba hal-hal baru. Imajinasinya juga akan berkembang luas. Imajinasi ini penting sebagai pendorong lahirnya kreativitas dalam berKarya. Pengetahuan si kecil mengenai warna, angka, simbol, huruf, kosakata,dan arah akan menjadi bekal dalam mewujudkan kreasinya.

BERKARYA DAN BERMAIN

Bagi anak usia 4-6 tahun, berKarya harus tetap menjadi ajang bermain yang menyenangkan. Karenanya, jangan batasi anak dengan aturan dan arahan yang malah membatasi kreativitasnya. Ingat, si Kecil seharusnya bisa belajar banyak hal dari sini. Salah satunya belajar mengambil keputusan. Inilah beberapa contoh kegiatan berKarya sambil bermain:

Kenalkan berbagai media berKarya.

Dengan mengenal berbagai media berKarya, akan muncul inisiatif si Kecil untuk berkreasi. Pilih media yang dapat menampung berbagai ekspresinya. Berikut kegiatannya: • Pergunakan alat menggambar/melukis dan dough (plastisin) yang sekaligus dapat menstimulai motorik halus jemari tangannya. • Berikan juga mainan konstruksi berupa balok-balok yang mudah disusun untuk merangsang imajinasi dan logikanya. • Kenalkan anak pada musik, lagu, sekaligus belajar memainkan alat musik untuk mengasah kepekaaan terhadap ritme.

Ajak si Kecil membuat Karya dari barang-barang di rumah.

Bereksperimen dengan barang-barang bekas akan memunculkan kreativitas. Ajaklah si Kecil membuat sesuatu yang bisa dipergunakan seperti: • Celengan dari kaleng atau stoples bekas. Hiaslah kaleng atau stoples bekas dengan pulasan cat ataupun tempelan kertas bermotif di seluruh permukaannya. Cantumkan nama si Kecil di celengan agar ia bangga. • Robot-robotan dari kardus bekas. Kardus bekas sepatu atau perangkat lainnya bisa digunting dan disusun menjadi robotrobotan menggunakan double tape. Setelah itu gambar bagian-bagiannya sesuai imajinasi si Kecil. Jangan lupa, minta ia memberi nama untuk robot-robotannya.

Selain cara di atas untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing, berikan ia pelatihan di tempat terbaik kursus bahasa Perancis di Jakarta yang berkompeten.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *