Leher Bayi Perlu Dilatih

Ternyata, pengendalian kekuatan dan koordinasi tbuh semuanya berawal dari leher. Satu-satunya kepandaian bayi yang sangat monumental ialah disaat ia bermulai untuk mengangkat lehernya pada usia 3 bulan. Jika tak percaya, mama bisa mengamati foto si kecil, tentunya ada foto si kecil ketika diposisi tengkurap dan sambil mengangkat kepala dengan bahunya secara bersamaan. Setelah itu, keajaiban-keajaiban lain seputar gerak kepalanya pun berlanjut. Di usia 7 bulan, misal, saat ia duduk bersandar atau dipangku, bayi mampu bertahan dengan posisi kepala tegak untuk waktu lama. Secara natural, bulan demi bulan, lehernya akan semakin menguat dan tegak hingga akhirnya ia mampu tegak bersama tubuhnya di kala belajar berjalan (11—12 bulan).

BERAWAL DARI LEHER

Yang menarik, pengendalian kekuatan dan koordinasi tubuh semuanya ternyata berawal dari leher. Wow! Kontrol leher merupakan awal dari pusat gerak manusia. Kalau Mama amati, bayi baru lahir belum memiliki kontrol kepala yang bagus. Ini wajar karena kepalanya memang masih lebih berat daripada tubuhnya. Otot lehernya yang masih lemah juga belum bisa menopang kepalanya. Nah, setelah otot lehernya semakin kuat, barulah ia dapat melakukan gerakangerakan yang lebih “canggih”.

Tahapannya; mengangkat kepala, mempertahankan posisi kepala tegak, lalu leher mampu bergerak melihat dan mengikuti objek. Setelah itu otot punggung dan panggulnya makin kuat. Nah, barulah ia bisa duduk, kemudian siap merangkak dengan bertumpu pada keempat anggota geraknya. Urutan perkembangan motorik ini miring-berguling-dudukmerangkak-berdiri-berjalan berproses runtut harmonis sesuai kematangan ­ sik, kognisi, dan sensorik masing-masing anak. Oleh karena itu tidak dianjurkan mengajari bayi untuk duduk, sebelum lehernya kuat menyangga beban kepala. Tidak dianjurkan pula, bayi diposisikan berdiri sebelum mampu duduk tegak dan merangkak. Nah, seperti apa stimulasi yang bisa Mama lakukan agar leher bayi semakin kuat? Bila si kecil sudah berusia 4 bulan ke atas, silakan ikuti gambar-gambar di atas!

Dari bayi sampai dewasa manusia memang perlu latihan agar semua berjalan dengan lancar dan baik. untuk anak yang akan mengikuti tes IELTS sebaiknya berikan ia pelatihan juga agar percaya diri ketika menghadapi soal ujian IELTS. Tempat terbaik kursus pelatihan IELTS di Jakarta adalah pilihan yang tepat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *