Perkembangan Bayi Dalam Mengontrol Kepalanya

Berikut perkembangan kontrol kepala bayi seperti dikutip dari babycenter :

Bayi baru lahir

Untuk menopang kepala dan lehernya, si kecil sepenuhnya bergantung kepada Mama. Ini bermanfaat lo untuk bonding bayi dan Mama karena pada saat menopang kepalanya akan terjadi kontak mata antara bayi dan Mama.

Usia 1-2 bulan Di akhir bulan pertama, bayi mampu mengangkat kepalanya sebentar serta memutar ke sisi kanan dan kiri ketika sedang berbaring. Sekitar usia 6—8 minggu, ia sudah cukup kuat mengangkat kepalanya lebih lama dan saat digendong di bahu, bayi sudah bisa menahan kepalanya meskipun masih gemetar dan tidak lama. Untuk itu Mama atau pengasuh harus masih membantu menopangnya. Usia 3-4 bulan Bayi dapat mengangkat kepala hingga 45 derajat saat tengkurap dan bisa dilakukan berulang-ulang.

Otot lehernya sudah cukup kuat menopang kepala, namun harap tetap awasi dengan baik karena bayi belum sepenuhnya bisa mengontrol kepala sendiri. Usia 5-6 bulan Saat usia 5 bulan, otot leher bayi semakin kuat. Di usia 6 bulanan, ia dapat menahan kepalanya dengan makin mantap dan tegak. Kepalanya pun akan lentur ke depan saat orang lain membantunya menarik ke posisi duduk. Setelah bayi bisa mengontrol kepalanya dengan baik dan kuat, ia akan melanjutkannya ke posisi duduk, berguling dan merangkak. Pengendalian terhadap posisi kepala juga diperlukan untuk menelan makanan padat dan duduk di kursi yang lebih tinggi.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *